Informasikan dari sekolah untuk memiliki permainan yang bertanggung jawab

cultura del gioco responsabile dalle scuole

budaya permainan yang bertanggung jawab dari sekolah

Topik perjudian bermasalah, atau gangguan perjudian yang lebih serius (GAD), menarik begitu banyak perhatian secara umum dan menimbulkan gejolak publik yang mendalam sehingga selain terus menerima berita tentang anak muda yang menjadi korban mengemudi akibat alkohol dan penggunaan zat narkotika, episode yang disampaikan berita kepada kita hampir setiap hari, juga berkaitan dengan informasi bahwa “mereka ingin sampai ke warga” terkait eskalasi perjudian.

Menyenangkan yang, selama periode pandemi, mengalami lonjakan pilihan oleh mereka yang terbiasa berurusan dengan game berbasis darat, yang pada saat itu dianggap terlalu berisiko dalam kehadiran langsung dan oleh karena itu harus ditutup sangat lama hampir setahun.

Ketika “berita yang ingin Anda sampaikan ke publik” digarisbawahi, dikatakan dengan kemarahan tertentu karena niat ini adalah bagian dari banyak kampanye informasi, tetapi di atas semua itu adalah demonisasi permainan meskipun seseorang pasti tidak dapat menghindari mengenali beberapa komplikasinya. dapat terjadi jika tidak didekati dengan kesadaran dan tanggung jawab.

Populasi yang lebih muda, dan ini dibuktikan dengan “penggunaan dan konsumsi” game, tentu lebih menyukai hiburan ini, terutama online, terus menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan bahkan mengkhawatirkan.

Dan ini karena pertempuran untuk mendiskreditkan sektor game masih terwujud saat ini di mana pusat informasi dan budaya tidak terorganisir, yang mana game itu sendiri layak untuk mencegah perkembangan penyimpangan perjudian bermasalah atau kecanduan judi.

Drift yang dapat menjebak orang-orang yang tidak mampu mengelola “keinginan bermain” mereka secara mandiri seperti yang seharusnya dilakukan, karena itu adalah hiburan yang seharusnya hanya terus menghibur dan mendukung mereka yang memilihnya dengan hati-hati.

Harus diakui juga dengan sangat tulus bahwa fenomena gaming merangkul khalayak yang sangat besar dari orang-orang yang berbeda usia, pendidikan, kelas sosial dan asal serta fenomena yang tidak berakhir sama sekali di akhir masa darurat pandemi.

Memang, jika mungkin, ini semakin meningkat, menimbulkan kekhawatiran yang ekstrim: karena alasan ini di beberapa Kota ada kecenderungan untuk menyadarkan berbagai “segmen” penduduk dan khususnya dengan mencoba menjangkau anak-anak dan remaja di sekolah dan di keluarga.

Dan di sinilah kami ingin “menghargai” untuk inisiatif inovatif ini salah satu realitas teritorial pertama, yaitu Rimini, yang telah menempatkan proyek yang bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang permainan dan “titik hitam” yang dapat disembunyikan. dalam hiburan dan yang benar-benar perlu Anda ketahui.

Proyek dibagi menjadi berbagai bidang: informasi, pencegahan dan intervensi yang merupakan bagian dari proyek ini yang merupakan bagian dari “Program Implementasi Tahunan 2022”, Rencana lokal untuk memerangi perjudian.

Inisiatif yang “tercerahkan dan berharga” ini adalah hasil dari kolaborasi yang cermat dan sinergis antara otoritas lokal, asosiasi yang terlibat, dan UOC Pathological Addiction Ausl Romagna yang tujuannya justru adalah pengajaran dan pengetahuan tentang perjudian.

Faktanya, hanya mengetahui permainan dengan baik, apa yang diwakilinya dan apa yang disembunyikannya, dan juga menerima nasihat tentang fakta yang benar-benar dialami oleh orang-orang yang terlibat, merupakan prioritas mutlak dari proyek yang, sebagaimana telah digarisbawahi, dirancang untuk membantu terutama para anak-anak muda yang mereka sangat tertarik dan terlibat dalam game online, mengingat tablet dan alat teknologi lainnya semakin menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari anak-anak kita, baik untuk belajar maupun untuk bersenang-senang dan dunia online mudah diakses , selalu dan kapan saja. kapanpun kamu mau.

Oleh karena itu, tujuan utamanya tetap untuk dapat meningkatkan kesadaran warga negara sebanyak mungkin tentang risiko yang terkait dengan perjudian, selalu dengan perhatian khusus pada permainan online, permainan bermasalah, dan fenomena yang terus berkembang dalam memilih “untuk berjudi” yang harus dilakukan. sangat terkontrol jika ingin terus tetap menyenangkan dan hiburan untuk jam-jam relaksasi yang bisa dicurahkan untuk itu.

Dan di sini bagi penulis, selalu ada baiknya mengingat pengerjaan ulang slogan lama dan sangat jujur ​​u200bu200b”Game harus menjadi game: ketika berhenti menjadi game, game apa itu?”.

Tetapi kembali ke proyek Kotamadya Rimini, kami ingin mengklarifikasi bahwa itu telah ditugaskan ke serangkaian realitas sosial yang berkomitmen untuk menanggapi masalah wilayah di mana saat ini fenomena game juga telah masuk, yang masih hari ini milik dunia yang sedikit dikenal, atau kurang dikenal, oleh warga dan, oleh karena itu, jika tidak melalui banyak kampanye yang dianggap sengaja meremehkan, terkadang diterapkan terlalu dangkal dan yang lebih membingungkan daripada memperjelas ide dan persepsi warga negara.

Jelas bahwa pada saat ini, dan mengingat perluasan fenomena game, memberikan informasi yang akurat dengan cara yang paling detail menjadi sangat diperlukan: bahkan informasi positif karena game tidak hanya mengarah pada drift, dan ini perlu diingat setiap saat. sekarang dan nanti!

Oleh karena itu, informasi yang ditujukan untuk kaum muda harus diterima begitu saja, tetapi juga harus diperoleh oleh warga negara yang masih muda, oleh orang tua, tetapi juga dan terutama oleh keluarga dan sekolah, oleh karena itu orang tua dan guru, tenaga kesehatan dan asosiasi perdagangan : tetapi Tindakan untuk mencegah dan memberantas masalah perjudian juga harus dilakukan untuk meningkatkan perlindungan terhadap subjek yang sangat sensitif, rapuh, dan mudah terpengaruh.

Tidak ada keraguan bahwa di bidang perjudian saat ini masih ada sedikit dukungan kelembagaan dan oleh karena itu proyek tersebut mencakup meja konsultasi dengan psikolog yang “dilatih” untuk mengatasi masalah ini: kursus laboratorium yang ditujukan untuk siswa juga harus disorot dari sekolah menengah pertama dan kedua. sekolah dasar, layanan konsultasi hukum dan juga pertemuan terbuka untuk warga negara yang ingin masuk lebih langsung dan pribadi ke dalam tema permainan tanpa dipengaruhi oleh opini “eksternal” dan seringkali terlalu partisan.

Artikel menarik lainnya: Publikasi: 8 Desember 2022 pukul 09:00

Author: Mark Martin